Posted by on Mar 30, 2016 in News | 0 comments

Ini Alokasi Kuota Haji Reguler Tahun Ini

Ini Alokasi Kuota Haji Reguler Tahun Ini

Bogor (Sinhat)–Direktur Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil menyampaikan kepada pejabat di lingkungan haji seluruh daerah dan Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) untuk mensosialisasikan secara melekat (soskat) tentang pendaftaran, pembatalan dan pelunasan haji kepada masyarakat saat melakukan pendorongan peningkatan layanan haji Siskohat di Cisarua Bogor, Rabu (23/03/2016).

“Tahun ini pendaftaran hanya dua tahap. Semula dilakukan sebanyak empat tahap. Ini memangkas waktu dan biaya serta lebih mempermudah bagi calon jemaah. Ini hadir karena adanya inisiasi,” kata Djamil.

Pelunasan juga sama. Berfikir dengan pelunasan yang lebih sederhana. Tahun lalu cukup dua tahap dan berhasil. Ini dampak adanya inisiatif calon jemaah haji cadangan. Semula sampai enam tahap dan berdampak ada sisa kuota.

“Saya tidak mau kuota tersisa digunakan serampangan. Mesti harus dialokasikan sesuai dengan ketentuan akuntable dan transparan,” kata mantan orang nomor satu di UIN Walisongo Semarang ini.

Begitu juga dengan pembatalan dipermudah, semula pembatalan butuh waktu yang lama.

Kondisi sekarang dengan dahulu berbeda. Dulu jumlah kuota dengan calon jemaah haji berimbang. Sekarang antara kuota haji dengan calon jemaah haji tidak berimbang dan dampaknya adalah terjadi antrian. Rata-rata antrian saat ini mencapai 19 tahun dengan jumlah, jemaah yang mengantri mencapai 3 juta orang. Jumlah kuota Indonesia sebesar 168.800. Malaysia mengantri 54 tahunan. Dengan jumlah kuotanya sebesar 27.900.

“Walaupun jemaah haji Indonesia berjumlah besar, pemerintah Arab Saudi memuji karena mampu memanagemen penyelenggaraan hajinya dengan baik,” ungkap Djamil.

Berdasarkan data dari Siskohat kouta reguler tahun ini sebesar 155.200 orang. Perinciannya 154.049 dialokasikan untuk jemaah haji sesuai nomor porsi antrian dan 1.151 dialokasikan untuk Tim Petugas Haji Daerah (TPHD). Dari 154.049 kuota jemaah haji, terdapat 1.359 jemaah yang sudah melunasi BPIH (lunas tunda) tahun lalu. Adapun jumlah pelunasan tahun ini ditambah sebanyak 7.775 jemaah cadangan berdasarkan antrian berikutnya yang diberikan kesempatan untuk ikut melunasi. Jemaah status cadangan yang melunasi, akan mengisi sisa kuota bilamana terdapat jemaah yang telah melunasi, namun batal/menunda berangkat tahun ini.

sumber : http://haji.kemenag.go.id/v2/content/ini-alokasi-kuota-haji-reguler-tahun-ini

 

Post a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>