Posted by on Sep 22, 2015 in News | 0 comments

Musim Haji Tahun Ini Sebanyak 12 434 Jemaah Indonesia Ikuti Tarwiyah

Musim Haji Tahun Ini Sebanyak 12 434 Jemaah Indonesia Ikuti Tarwiyah

Makkah (Sinhat)–Puncak haji, yaitu wukuf di Arafah sudah menjelang. Sebanyak 12.434 jemaah haji Indonesia akan melakukan tarwiyah. Jumlah ini menurun dibandingkan dengan jemaah yang melakukan tarwiyah pada tahun sebelumnya.

“Jemaah haji Indonesia yang melakukan tarwiyah tahun ini mengalami penurunan  dibandingkan tahun lalu sebanyak 13.358. Sesuai data yang dihimpun oleh pembimbing ibadah Daker Makkah, sd. 21 September 2015, jemaah yang mengikuti tarwiyah sebanyak 12.434 orang,” demikian penjelasan Kepala Bidang Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIH, Ali Rokhmad kepada  wartawan Media Center Haji, Minggu (21/09) malam.

Menurutnya,  penurunan jumlah jemaah tarwiyah diperkirakan karena kerja keras para pembimbing ibadah untuk mensosialisiasikan surat edaran Daker Makkah No 2015.

Pemerintah tidak memprogramkan tarwiyah karena mempertimbangkan jemaah haji Indonesia yang risti lebih darti 60%, beberapa kesulitan, dan termasuk pembiayaan. Sedangkan persiapan untuk wukuf dirasakan lebih utama, karena wukuf di Arafah merupakan rukun haji.

Kegiatan tarwiyah, bisa dilakukan jemaah secara sendiri, namun biasanya dilakukan secara berkelompok. Kelompok dimaksud bisa saja dalam satu rombongan di kloter, atau bersama kelompok bimbingan/KBIH. Untuk melaksanakan kegiatan tarwiyah biaya yang harus dikeluarkan berkisar 150-200 real/ jamaah. “Itu, terkadang belum biaya konsumsi jemaah” ujar Ali.

“Baik jemaah tarwiyah yang melakukan kegiatan sendiri atau bersama regu dan kelompoknya, semuanya disiapkan blangko izin/pernyataan kepada ketua kloter yang diketahui sektor masing-masing” tambahnya.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyiapkan tim monitoring yang bermarkas di Mina. Tim yang siap memberikan bantuan jika diperlukan ini  terdiri dari tim pembimbing ibadah, tim perlindungan jamaah dan tim kesehatan jamaah haji.

Sebelumnya,  Direktur Jenderal Penyelenyenggaraan Haji dan Umrah, Abdul Djamil berpesan kepada jemaah yang akan melakukan tarwiyah untuk tetap menjaga kesehatan serta mempertikan iklim/situasicuaca ekstrim di Arab Saudi. “Kita berharap semua berjalan lancar dan jemaah selamat serta selalu dalam lindungan Allah Swt,” terangnya. (rilis/mch/ar)

sumber : haji.kemenag.go.id

Post a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>