Posted by on Jun 27, 2019 in Articles | 0 comments

Persiapan Ibadah Haji (1)

Persiapan Ibadah Haji (1)

Persiapan Ibadah Haji part1

Tak terasa sdh melewati separuh bulan ramadhan. Tahun lalu, kami sekeluarga, sdh memulai aktivitas persiapan Ibadah haji sejak jauh sblm ramadhan tiba. Buat sebagian orang mungkin terlalu terburu-buru, Tapi tidak buat kami. Saya Dan suami saat itu mencari Cara bagaimana anak-anak bisa dengan mudah merelakan kami pergi, tanpa ada pertanyaan yang Masih menggelayut di benak mereka. Anak kami 3, belva 8th, Ghaziah 4th, Alfath belum genap 2th. Bagaimana kami memberi pemahaman yang mudah mereka mengerti, bahwa kami akan Pergi meninggalkan mereka selama 40hari Dan mereka akan drmh Bersama mbaknya Dan akan ditemani oleh mbah Dan ummi secara bergantian.

Dalam mempersiapkan anak2, kami melakukan beberapa car, diantaranya:

1. Menjelaskan kepada mereka mengapa Muslim harus berhaji.

Vcd dodo syamil tentang haji Dan umroh dari NCR menjadi andalan kami. Kami putar terus menerus Sampai Saya Dan anak2 hafal lagu2nya.

Utk belva, Saya sdh bacakan ttg penjelasan Al Qur’an tentang haji, hadits arba’in ttg rukun Islam, Dan kisah2 yg kemudian diabadikan dalam prosesi haji yang Akan kami jalani.

2. Menjelaskan dimana letak Makkah Dan madinah sehingga kami harus Pergi meninggalkan mereka.

Ada Dua pekan khusus buat Saya Dan belva serta adik2nya melihat jazirah Arab dari Google maps, menjelaskan seberapa jauh letak Makkah Dan madinah Dr Indonesia. Berapa jaraknya dari Indonesia, berapa jam perjalanannya, sehingga mrk mengerti bahwa gak mungkin perjalanan itu kami tempuh Pergi pulang dalam Hari yang sama spti ketika ayah mereka Dinas ke Palembang atau Jogja.

Belajar Ttg jarak dan berbagai kisah berhaji sejak zaman kakek buyut Saya Sampai kisah haji nenek Dan kakek mereka pun Saya ceritakan kembali pada belva dan Ghaziah agar mereka mengerti bahwa memang Ada perjuangan utk menempuh jarak sejauh itu.

3. Menjelaskan mengapa harus mengikuti seluruh proses ibadah haji dalam waktu yang lama.

Disini kami belajar fiqih haji. Kembali vcd dodo syamil menjadi salah satu alat penjelasan Saya. Selain anak2 ikut manasik haji Bersama kami, Dan juga penjelasan Saya dari berbagai buku yg kemudian Saya Dan suami jelaskan ke anak2.

APA itu umroh, bagaimana prosesinya, dll

Mamah n ayah akan ngapain Aja di madinah,

Akan ngapain Aja di makkah, Dan Akan melakukan APA Saja di puncak ibadah haji, Dan Alan ngapain Aja ketika ibadah haji nya selesai.

Detail satu persatu kami jelaskan..Sampai akhirnya, Saya membuat ilustrasi menggunakan gambar sebisanya, ilustrasi yg menggambarkan semua proses yang kami jalani. Mulai dari rumah Sampai insyaAllah kembali kerumah.

4. Memberi pemahaman kepada anak bahwa dalam safar Ada kemungkinan kami tidak kembali

Bab ini membuat belva sedih luar biasa, bagaimana kami jelaskan bahwa haji in memenuhi panggilan Allah, Dan semuanya hanya Allah yg menentukan.

Menanamkan Aqidah pada anak Umur 8th ini benar2 perjuangan buat Saya Dan suami. Meyakinkan padanya bahwa bila kami Tak kembali, berarti itu bagian takdir Allah yg Harus diterimanya, Dan kami sudah menitipkan mereka semua pada keluarga. Ada keluarga yang akan menjaga mereka hingga mereka besar. Dan meyakinkan mereka bahwa mrk Akan baik2 Saja selama mrk memegang teguh agama Dan kebaikan2 yg sdh kami ajarkan. Bab ini Adalah Bab ter-baper buat Saya, krn penyampaiannya pun harus hati2, harus benar, Jangan Sampai kemudian fitrah keimanannya tercederai krn salahnya penjelasan Saya.

5. Memberikan mereka panduan selama kami tidak Ada di dekat mereka

Kami menjelaskan dengan siapa nanti mereka selama kami tidak Ada. bagaimana mereka menghubungi kami, menghubungi teman2 mereka, siapa Saja yg bisa mereka Tanya, APA yang harus mereka lakukan, itu semua kami bahas tuntas terutama dengan belva.

Membuatkan daftar no.tlp penting utk belva Dan Meyakinkan belva bahwa yg namanya tertera dalam daftar itu akan membantunya bila belva butuh.

Kegiatannya, pelajarannya Dan semua Hal yang belva Dan adik2nya lakukan kami sudah berikan guidance nya..teknis pelaksanaannya kami serahkan kepada keluarga yg menjaga mereka.

Alhamdulillah, dengan berbagai usaha, Allah mudahkan kami berangkat, Dan Kondisi anak2 Sehat walafiat Dan Lancar beraktivitas selama kami tinggal.

#persiapanibadahhaji1437H

#ramadahankeluargarasto

Jagakarsa, Ramadhan 1438H

Efi_fe

Sumber: https://www.facebook.com/efi.femiliyah/posts/10212164234835615

Post a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>