Posted by on Jun 26, 2019 in Articles | 0 comments

Persiapan Ibadah Haji (2)

Persiapan Ibadah Haji (2)

Persiapan ibadah haji Part#2

Tulisan Kali ini Akan membahas tentang PERLENGKAPAN KESEHATAN (OBAT2AN DKK) yg Harus dibawa selama Ibadah haji.

Ibadah haji adalah perpaduan antara indah ruhiyah Dan juga ibadah fisik. Oleh karena itu persiapan ttg keperluan kesehatan juga harus sangat diperhatikan. Obat2an pribadi yg dibawa pun harus benar2 sesuai kebutuhan Dan jumlahnya harus melebihi yg Kita butuhkan agar bs berbagi dengan teman sesama jamaah.

Persiapan Saya Dan suami yg Banyak meleset adalah ttg Bab obat2an ini. Karena ternyata suhu yang panas, aktivitas yang padat, alergi yg kami miliki membuat kami berdua harus ekstra ikhtiar dalam menjaga stamina tubuh.
Alhamdulillah dokter kloter kami saat itu sangat Baik..bahkan terbaik dalam pelayanan terhadap jamaah..jadi kami bs bebas konsultasi Dan mendapat obat sesuai kebutuhan. Namun kadang sedih karena stok obat yg dimiliki dokter menipis. Jadi Saya Dan suami hanya ke dokter saat kami benar2 drop Dan persediaan obat kami habis. Seperti saat kami Tiba di arafah, lendir yg Saya keluarkan Dr tenggorokan adalah darah, Dan dengan sedih dokter hanya memberi Saya 2butir obat utk menghentikan pendarahan di pembuluh darah saluran nafas Saya. Diagnosa dokter, karena cuaca terlalu panas, pembuluh darah di saluran nafas Saya pecah krn Saya batuk flu yg diperparh lg krn Saya alergi.

Obat2an di apotik di makkah atau madinah pun banyak. Namun keterbatasan komunikasi serta dosis yg berbeda membuat Saya Dan suami urung mengkonsumsi obat Dr apotik disana, krn pengalaman Saya yg membeli Panadol lalu Saya minum Dan Saya merasa jantung berdebar cepat dan seperti pingsan, stlh dibaca, pandol biru disana berisi 650gr paracetamol. Hihi Saya jd overdosis.. Alhamdulillah bangun JD lbh segar sih..

Berdasarkan pengalaman tersebut Saya membuat list obat2an yg seharusnya Kita bawa dalam jumlah yg lebih utk bs saling menolong sesama jamaah.

1. Minyak2an dan balsam.
Seperti: minyak angin, minyak kayu putih,fresh care, balsem2an Dan semacamnya. Disana cukup sulit dicari, meski Ada, namun sptinya rasanya beda dng yg biasa Kita pakai disini Dan tentunya harganya sedikit melangit.
Bawalah lebih Dr 2botol utk ukuran sedang. Dan bisa bawa satu botol Saja utk yg ukuran besar. Jangan lupa bawa botol ukuran kecil utk bs dibawa kemana2.

2. Koyo.
Koyo ini sejenis pelipur Lara paling mujarab buat Saya Dan suami. Kami membawa masing2 3bungkus koyo yang habis begitu selesai prosesi haji, pdhl waktu pulang Masih lama Dan koyo sdh Saya potong2 kecil supaya mencukupi, tapi tetap Tdk cukup. Sampai akhirnya kami beli koyo di apotik, yang asli made in jepang, yg luaarrrr biasa puanassssnya puoooolll…Dan Jangan Tanya harganya hehe..

3. Obat pusing.
Bawalah obat pusing Paling cocok menurut anda, Jangan cuma satu strip..krn bagi yg berangkat dengan ONH biasa spti Saya Dan suami, disana 40hari itu menghabiskan lebih dr 1strip obat pusing. Selain krn kebutuhan sendiri juga utk berbagi dng teman jamaah lainnya. Jangn Sampai spti Saya beli Panadol arab yg bikin pingsan, meski bangun2 JD segar.

4. Obat masuk angin.
Entah merknya yg orng pintar ataupun orng bejo, bawalah Banyak..krn bs jd banyak yg butuh. Walaupun disana Banyak yg jual, lbh Aman bawa sendiri.

5. Obat batuk Dan pengurang gejala flu.
Batuk adalah hal biasa disana, begitu kata orng. Tp baiknya persiapan Saja bawa obat batuk Dan obat pengurang gejala flu Paling mujarab andalan anda selama disini, agar gak bingung saat disana. Bawa dalam jumlah lebih..itung Saja selama disana 20hari*3kali minum.
Salah seorang teman Saya yg seorang dokter, membawa neuralgin, itu JD obat favorite krn khasiatnya benar2 cespleng. tp kembali lagi sesuaikan dng kebiasaan anda disini pilih lah obat yg Paling Cocok yg sudah pernah anda konsumsi disaat anda benar2 drop tp Tdk bs istirahat.

Krn batuk flu inilah yg menurut Saya ujian kesehatan Paling dahsyat yg Saya Dan suami rasakan. Mungkin krn kami berdua memang Punya alergi, ini smakin memperparah Kondisi kami.

6. Multivitamin.
Bawalah multivitamin yg menurut anda Paling Cocok Dan paling mantap bagi anda. Jaga Kondisi kesehatan Dan daya tahan tubuh sejak sepekan sebelum berangkat. Bisa berupa habassauda, propolis, penambah daya tahan tubuh spti imunos, stimuno atau imboost..pilih yg Paling Cocok, kalo Cocok nya vitamin c dosis tinggi spti redoxon atau cdr bawalah dlm lbh Dr 2tube, agar bs berbagi.
Konsumsi lah madu sesering mungkin. Beli saja disana, Jangan repot2 bawa, krn madu disana bagus2.
belajar minum minyak zaitun selama sblm berangkat jg lbh baik, agar saat disana sdh terbiasa. Khasiat minyak zaitun tdk bs diragukan lagi, Dan beli saja disana krn harganya jauh lbh murah Dan jenisnya beragam, Saran Saya pilih yg organic extra virgin olive oil agar khasiatnya lebih mantap.

7. Obat pegal2.
Bisa berupa balsam, atau minyak urut, atau salep yg mengandung metilsalisilat (counterpain atau hot in atau merk APA Saja), atau obat minum spti neurobion atau neo remachyl. Pilih yg Paling Cocok Dan sdh anda coba sblmnya disini. Jangan Sampai disana alergi.

8. Obat tetes Mata.
Bawalah obat tetes Mata yg biasa anda pakai disini saat anda sakit Mata atau iritasi. Kalau bisa bawa Saja yg obat sakit mata. Krn bbrp orng2 Ada yg terkena sakit Mata Sampai menulari jamaah lain. Bisa juga membeli obat tetes Mata di apotik disana bila anda lupa atau enggan membawa. Waspada Saja bila Mata anda sensitif.

9. Obat pribadi lainnya, spti obat yg memang Rutin dikonsumsi, terutama utk pengobatan penyakit tertentu.

10. Koin atau alat bekam.
Koin buat yg biasa kerokan Jangan Sampai lupa dibawa. Atau buat yg biasa bekam, bawalah alat bekam yang Paling sederhana, agar minimal bs saling berbekam kering sesama jamaah.

11. Masker
Berdasarkan pengalaman, seluruh jamaah haji akan dibagikan satu box masker sekali pakai saat di asrama haji, ini bs dipakai selama Kita beribadah haji. Namun Ada sebagian orng yg merasa sesak menggunakan masker sekali pakai. Maka bawalah masker yg terbuat Dr bahan kaos minimal 3buah. Masker Dr bahan kaos atau Kain ini juga sangat membantu bila flu berat melanda, teteskan Saja minyak aroma therapy atau minyak angin selama anda tidur atau ketika and beraktivitas, ini Akan sangat membantu melegakan pernafasan. Atau bs dibasahi air zamzam saat udara sangat menyengat, JD membantu melembabkan saluran nafas. Usahakan sesering mungkin menggantinya, utk kenyamanan anda.

12. Botol sprayer ukuran kecil.
Seluruh jamaah haji Akan dibagikan botol sprayer ukuran 500ml dengan Tali bendera indonesia. Saya Termasuk yg kesulitan membawanya saat beraktivitas, karena ukurannya yg besar Dan kesulitan saat Akan menyemprotkannya. Kalaupun Saya bawa biasanya Saya pakai sekaligus sbg botol air minum yg Saya isi zamzam. Utk memudahkan bawalah botol sprayer ukuran kecil utk memudahkan menyemprotkan air ke muka Dan tangan saat udara benar2 menyengat.

13. Pelembab kulit
Pelembab kulit ini sangat dibutuhkan utk menjaga kelembaban tubuh Kita. Terutama daerah wajah, bibir, kaki Dan tangan. Pakailah pelembab yg biasa anda pakai. Saya Dan suami pakai tender care nya oriflame (Bukan iklan..hehehe) krn memang ini yg Paling Cocok buat kami, kami pakai sampe utk kaki Dan muka, selain pelembab yg biasa Saya pakai drmh utk tubuh. Pilih yg Cocok yg sudah anda gunakan Yaa..Jangan yg Baru..terutama utk bibir, krn bila tidak Cocok, bs report.

List diatas hanya catatan saya pribadi Dan berdasarkan pengalaman pribadi, semoga bs membantu persiapan teman2 semua yg Akan melaksanakan ibadah haji tahun ini.
Smg Allah berikan kesehatan dalam setiap aktivitas yang Kita jalani.

Mhn maaf lahir bathin..

Jagakarsa, syawal1438H
Efi_fe

 

sumber : https://www.facebook.com/efi.femiliyah?fref=search&__tn__=%2Cd%2CP-R&eid=ARA9-3yQ9LektUcHEHQDQNXlHE_oVrxKgkJl9I4v02jEaKsTW_okOLG-97f54yeHPYVcoQkdlhiQX6ik

Post a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>